Detail Info

Cara Cerdas Membuat Kabinet Dapur Untuk Rumah Hunian


Fungsi kabinet dapur tidak hanya sebagai tempat untuk menyimpan perabot memasak dan makan saja. Jika pembuatannya dilakukan secara tepat, juga dapat mempercantik tampilan ruang. Karena itu pemilik rumah di Perumahan Fajar Group atau komplek hunian lainnya, harus mengetahui bagaimana cara membuat kabinet dapur yang baik dan benar.

Dalam garis besarnya, kabinet dapur itu ada dua macam yaitu kabinet atas dan kabinet bawah. Kabinet atas biasanya digunakan untuk menyimpan peralatan ringan seperti piring, gelas, sendok garpu dan sebagainya. Sedangkan kabinet bawah, adalah tempat penyimpanan peralatan berat misalnya wajan, panci, gas dan seterusnya.

Penentuan ukuran dan jumlah

Faktor pertama yang harus mendapat perhatian ketika membuat kabinet dapur adalah luas ruang yang tersedia. Sebelumnya perlu memahami lebih dulu, setiap ruas kabinet dapur itu biasanya mempunyai lebar 60 sentimeter.

Setelah itu hitung panjangnya dan bagi dalam ukuran yang sama. Pembagiannya tidak harus selalu menggunakan sekat agar dapat dipakai untuk menyimpan berang-barang besar.

Profil pintu

Pintu merupakan titik perhatian utama dalam suatu kabinet dapur. Terkait dengan hal ini, pemilik dapur di Perumahan Fajar Group harus bisa memilih tipe atau desain pada profilnya.

Profil untuk pintu kabinet terdiri dari beberapa pilihan desain. Misalnya model raised atau panel menonjol dan recessed atau panel datar. Selain itu ada model shaker yang bentuknya lebih simpel, karena kerangkanya tidak dilengkapi bevel. Keduanya pantas dipilih jika ingin memunculkan kesan tradisional.

Kemudian ada model mullion yang panelnya dibuat dari kaca dan slab yang seluruh bagian panelnya berbentuk datar. Baik mullion maupun slab, lebih tepat dipakai pada interior dapur bergaya modern.

Material

Unsur berikutnya yang harus jadi perhatian bagi penghuni rumah di Perumahan Fajar Group ketika membuat kabinet dapur adalah materialnya. Jika tertarik dengan suasana alami, bisa menggunakan kayu olahan misalnya plywood. Selain kuat, harganya lebih murah dibanding kayu solid.

Kemudian untuk mereka yang suka menghadirkan kesan modern, pilihan materialnya antara lain alumunium, stainless stell dan bahan komposit lainnya. Selain itu bisa juga memakai UPVC atau Unplasticized Polyvinyl Chloride.

Warna lapisan

Kabinet dapur di Perumahan Fajar Group dan komplek hunian lainnya boleh dikasih warna lapisan sesuai selera dan keinginan. Tapi jenis cat warnanya harus disesuaikan dengan material yang dipakai. Khusus untuk bahan UPVC, tidak perlu dilengkapi cat warna karena sudah memiliki basis warna sendiri.

Apabila memakai olahan kayu, cat warnanya dapat memilih dari bahan HPL. Cat ini memiliki variasi warna yang begitu lengkap dan mampu menghadirkan kesan alami. Penggunaan lapisan warna berupa coating saja juga diperbolehkan jika punya tujuan ingin mempertahankan keaslian warna materialnya.

Satu hal yang tidak boleh terlupakan ketika menentukan warna lapisan, harus selaras dengan warna semua bagian interior. Sehingga tampilan kebinet dapur di Perumahan Fajar Group tersebut mampu tampil sebagai point of interest dalam ruang.