Your search results

Sebelum Mentukan Pilihan, Kenali Lebih Dulu Perbedaan Keramik dan Granit

Posted by admin on March 28, 2023
0

Baik keramik maupun granit, keduanya sama-sama mampu menghasilkan kesan indah dalam hunian. Kendati demikian sebelum menentukan pilihan, alangkah baiknya jika sahabat Perumahan Fajar Group mengetahui perbedaan dari masing-masing material tersebut. Terlebih keduanya memiliki karakterisitik yang tidak sama.

  1. Komposisi Material

Keramik berasal dari tanah liat yang dibuat melalui proses pembakaran. Selain tanah liat ada yang memberi tambahan campuran pasir dan bahan lainnya. Sedangkan granit merupakan material dari batu alam yang memiliki motif atau tekstur menonjol. Bahan ini tercipta secara alami melalui magma dingin dan terdiri dari campuran batuan padat dan kandungan mineral lain.

  1. Tingkat Ketahanan

Saat membeli keramik, sahabat Perumahan Fajar Group punya beberapa pilihan mutu dari yang paling rendah sampai paling tinggi. Semakin rendah kualitasnya material ini mudah kena goresan, noda atau kotoran, bahkan retak-retak dan patah.

Beda dengan granit, kualitasnya selalu kuat dan bobotnya yang berat membuat bahan tersebut lebih tahan dari gesekan atau goresan dan kerusakan lain. Meski mempunyai pori-pori (keramik tidak memiliki), tetap ada cara-cara khusus untuk perawatan agar tahan lama. Bukan itu saja, granit juga bersifat multifungsi sehingga dapat dipasang di berbagai tempat.

  1. Tampilan

Keramik memiliki tampilan yang sangat variatif dan sahabat Perumahan Fajar Group bisa memperoleh pilihan motif, corak, dan warna yang beragam. Jika ingin melakukan eksperimen cocok jadi pilihan pertama, apalagi untuk gaya minimalis atau modern.

Sementara itu granit, pilihannya tidak terlalu banyak bahkan dapat dikatakan terbatas saja. Pada umumnya material ini memiliki corak abstrak, namun mampu menciptakan kesan mewah dan eksklusif dalam interior.

  1. Harga dan Biaya Pasang

Sebelum memutuskan sesuatu untuk dibeli atau digunakan, pasti sahabat Perumahan Fajar Group akan membuat perhitungan tentang harga lebih dulu. Untuk urusan yang satu ini, keramik hadir sebagai material dengan kebutuhan anggaran yang rendah dan granit mempunyai harga lebih mahal.

Demikian pula untuk pemasangannya, keramik mudah dikerjakan daripada material granit. Hal ini juga berlaku pada ongkos tukang, dimana tukang keramik itu biasanya mematok harga jasa lebih rendah dibanding ahli pasang granit. Hanya tukang tertentu dan sudah ahli saja yang mampu menjalankan tugas memasang lantai granit.

  1. Perawatan

Ketika kena kotoran apalagi noda cair, keramik harus secepatnya dibersihkan karena jika terlambat bisa meninggalkan bekas. Bukan itu saja, dalam jangka waktu tertentu harus ada pembersihan menyeluruh dengan cairan khusus dan harganya cukup mahal. Tujuannya adalah untuk menjaga agar penampilannya tidak pudar.

Untuk lantai atau dinding granit, jika ada kotoran yang menempel tinggal dibersihkan dengan lap dan tidak memerlukan produk khusus. Selain itu meski terkena tumpahan cairan, jarang ada yang meninggalkan bekas.

Demikianlah ulasan sederhana tentang perbedaan antara material keramik dan granit. Meski hanya singkat saja, semoga dapat membantu sahabat Perumahan Fajar Group dalam membuat keputusan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Compare Listings