Detail Info

Para Pecinta Sejarah, Sempatkan Singgah di Museum Paling Cantik Sedunia Ini


 

Daya tarik suatu museum tidak hanya terletak pada kelengkapan beserta jumlah benda koleksinya saja. Keindahan dan kecantikan desain arsitektur bangunannya juga mampu membuat wisatawan, khususnya pecinta wisata sejarah untuk mendatangi museum tersebut. Di seluruh dunia, terdapat banyak sekali museum yang mampu memenuhi persyaratan tersebut. Namun yang dianggap paling cantik hanya ada beberapa saja.

  1. Museum Hermitage, Rusia

Berlokasi di St. Petersburg, Rusia, Museum Hermitage menjadi salah salah satu museum tercantik sedunia. Museum yang bangunannya terdiri dari 6 lantai ini juga tercatat sebagai musem budaya paling besar seluruh dunia dengan jumlah koleksi mencapai sekitar 3 juta benda koleksi. Desain arsitektur bangunannya terlihat sangat elegan dan megah, mirip bangunan istana.

  1. Tokyo Nasional Museum, Jepang

Tokyo National Museum terletak di kota Tokyo, Jepang dan didirikan pada tahun 1872. Museum ini tidak hanya memiliki ukuran yang teramat besar, namun juga menjadi museum tertua di negeri sakura tersebut. Gaya desain bangunannya sangat indah, menggunakan gaya tradisional setempat dan didirikan persis di tengah Taman Ueno dengan panorama alam yang begitu memanjakan mata.

  1. Museum Vatikan, Italia

Selain kecantikan arsitektur bangunannya, Museum Vatikan yang ada di Italia juga sangat terkenal dengan anak tangganya yang bentuknya seperti spiral. Apalagi ditambah dengan koleksi seni lukis karya Michaelangelo yang terpasang pada langit-langitnya. Jadi sangatlah wajar apabila museum ini sering dijadikan tujuan wisata utama para pecinta sejarah seluruh dunia.

  1. Musee du Loivre, Perancis

Museum lainnya yang memiliki arsitektur tidak kalah cantik adalah Musee du Loivre yang terletak di kota Paris, Perancis. Didirikan pada abad XII oleh Raja Philip, museum ini sempat difungsikan sebagai istana raja oleh Louis XIV.

Pada tahun 1989, pemerintah setempat mempercantik penampilan museum ini dengan bangunan piramida dari material kaca. Koleksi paling terkenal yang dimiliki adalah lukisan Monalisa karya Leonardo da Vinci.

  1. Rijkmuseum, Belanda

Di negara Belanda persisnya di kota Amsterdam, terdapat bangunan museum yang juga dianggap sebagai musem tercantik sedunia bernama Rijkmuseum. Gaya arsitektur bangunannya sangat khas Belanda dan pada halaman depannya dilengkapi dengan danau buatan beserta tanaman hias bunga tulip. Jumlah koleksinya sangat banyak, terutama karya seniman Van Dyck, Rembrandt, Jan Steen, Van Gogh dan sebagainya.

  1. Egyptian Museum, Mesir

Tidak bisa disanggah lagi, Egyptian Museum yang berada di kota Cairo Mesir merupakan museum yang tidak hanya cantik pada ekstrior saja, melainkan juga interiornya. Keindahan bangunannya dapat disamakan dengan kemegahan bangunan istana. Sedangkan interiornya, mempunyai desain unik dan didalamnya terdapat berbagai koleksi termasuk mumi yang diyakini sebagai mumi Firaun dari Zaman Nabi Musa.

Itulah beberapa daftar bangunan museum dengan arsitektur bagunan paling cantik seluruh dunia. Sedangkan di Indonesia sendiri, museum yang dipandang memiliki arsitektur tidak kalah memikat hati adalah museum Fatahaillah yang terletak di Jakarta Barat.