Detail Info

Milenial, Begini Lho Cara Tepat Memainkan Lampu Lighting Untuk Rumah Hunian


 

Setiap milenial pasti tidak hanya ingin memiliki hunian yang nyaman dengan pencahayaan yang mencukupi, tetapi juga terlihat indah dan cantik. Salah satu cara terbaik yang bisa ditempuh untuk mewujudkan kedua keinginan ini adalah memainkan lighting. Jika dilakukan secara tepat, hasilnya tampilan hunian akan terlihat semakin anggun atau gagah secara sempurna.

Spotlight di aksen

Sebagai langkah pertama, ciptakan nuansa dramatis secara visual dengan mengarahkan satu fokus pandangan saja di setiap ruang. Misalnya menempatkan beberapa jenis spotlight di titik-titik yang dianggap paling penting dengan obyek berupa aksen-aksen yang dianggap punya nilai keindahan dan keistimewaan khusus.

Backlighting dan upligting

Selanjutnya, letakan lampu dengan posisi membelakangi dinding (backlighting) atau di belakang dinding aksen (uplighting) dengan obyek koleksi karya seni atau benda lainnya. Tujuannya adalah untuk memberikan kesan pencahayaan yang lebih mewah.

Kontrol dimmer

Dimmer merupakan peralatan yang dapat dipakai untuk mengatur intensitas cahaya lampu, seperti redup, terang atau mati. Gunakan peralatan ini agar pengontrolan bisa dilakukan secara mudah dan menghemat penggunaan energi listrik.

Furniture

Perabot furniture juga dapat ditampilkan secara lebih mewah dan indah menggunakan permainan lighting. Terapkan metode ini pada dinding, plafon dan perabot furniture sehingga furniture dapat berperan sebagai point of interes di interior.

Lampu dekoratif

Lampu dekoratif tidak kalah menarik untuk dijadikan alat memainkan lighting. Apalagi sekarang makin banyak lampu dekoratif yang tidak membutuhkan instalasi ulang saat dipasang. Gaya desain dan modelnya sangat lengkap, bahkan ada yang mampu menghadirkan kesan spektakuler di ruang.

Track lighting

Track lighting merupakan suatu metode pencahayaan dengan cara memasang fixture lampu dalam jalur kontinyu yang dilengkapi kondukstor listrik. Pemasangannya bisa dilakukan di dinding atau langit-langit, secara melintang di atau kaso, memanjang di balok atau di plafon secara tersembunyi. Teknik ini biasanya diterapkan dengan maksud agar arah cahaya lebih mudah dirubah dan diatur sesuai kebutuhan atau keinginan.

Less is more

Jangan pernah berpikir bahwa kurangnya penggunaan lampu dapat mengakibatkan ruang menjadi kurang terang. Jika pengaturan dan peletakannya dilakukan secara tepat, interior tetap bisa terlihat jelas. Karena itu, pakai lampu secukupnya saja, misalnya fixture lampu berukuran kecil kemudian diletakan di area-area strategis, sehingga konsumsi daya listrik bisa semakin dihemat.

Mengulang finishing

Cara terakhir yang bisa dipraktekan untuk memainkan lighting tidak lagi berupa permainan cahaya lampu melainkan finishing ulang pada bebepa jenis perabot ruang. Misalnya kursi dan meja diberi warna kuning agar dapat menghasilkan kesan klasik namun tetap modern di interior.

Kesan yang tidak kalah modern juga bisa tercipta melalui penggunaan lampu gantung dengan tutup rotan tapi rotannya diusap dengan warna putih. Baik putih maupun kuning, keduanya mempunyai kemampuan tinggi memantulkan cahaya lampu dan ruang terlihat makin indah dan terang.