Detail Info

Mengenal Material Gypsum dan Kelebihan Dalam Penggunaannya


Gypsum board atau papan gypsum adalah material yang sering digunakan sebagai lapisan dinding interior atau penutup dinding batu bata. Penggunaannya makin populer karena mempunyai banyak sekali kelebihan. Selain itu harganya yang relatif terjangkau membuat papan gypsum lebih disukai masyarakat dengan alasan untuk menekan anggaran belanja bahan bangunan.

Proses pembuatan

Bahan utama pembuatan papan gypsum adalah kalsium sulfat. Bahan ini dapat diperoleh dengan cara ditambang dari dalam tanah dan memiliki kandungan kristal air sebanyak kurang lebih 20%.

Dari pertambangan, material gypsum langsung menjalani proses penghancuran dan pengeringan. Setelah itu diberi tambahan air dan beberapa macam material lainnya agar tercipta sebuah material baru yang dinamakan Plaster Paris. Selanjutnya Plaster Paris ini dijepit menggunakan alat khusus dan terbentuklah papan gypsum.

Dalam bentuk jadi, papan gypsum terdiri dari 4 macam pilihan. Pertama adalah tipe X, mempunyai ketahanan yang sangat bagus terhadap panas api. Sedangkan jenis kedua dinamakan Vapor Barrier, biasanya diberi lapisan foil agar tidak mudah lembab.

Kemudian yang ketiga papan gypsum anti air, cocok digunakan di kamar mandi dan dapur. Lalu yang terakhir adalah gypsum exteror, sering digunakan untuk atap, sofit dan langit-langit ruangan. Adapun ukurannya juga terbagi menjadi beberapa jenis, tapi yang paling sering tersedia di pasaran adalah 1,2 X 2,4 m dan ketebalan antara 8 hingga 12 mm. Meski ukurannya terbatas, sangat mudah dipotong sesuai kebutuhan.

Kelebihan

Salah satu kelebihan yang dimiliki material gypsum adalah bobotnya yang lebih ringan, sehingga bisa meminimalkan resiko kecelakaan jika terjadi bencana gempa. Selain itu tidak mudah terbakar dan mempunyai kemampuan tinggi dalam melawan suhu panas dari api.

Pemasangannya sangat mudah dilakukan, bahkan bisa dilakukan sendiri tanpa bantuan dari tukang. Proses pengerjaannya sangat cepat, apalagi jika sebelumnya sudah dipasangi rangka yang berperan sebagai konstruksi atau frame.

Dibandingkan bahan sejenis dari kayu triplek, gypsum lebih awet dan tahan lama asal tidak terlalu sering cipratan atay rembesan air. Sambungannya tidak terlihat, sehingga nilai keindahan interior akan terlihat lebih sempurna.

Keunggulan berikutnya dari penggunaan papan gypsum adalah bisa dijadikan sebagai sarana untuk memperindah dekorasi ruang atau interior. Bahkan dapat pula dicetak atau dibentuk sesuai selera dan keinginan, untuk memperkuat tema desain yang ingin diciptakan.

Bukan itu saja, papan gypsum sangat bagus untuk meredam suara. Jika diaplikasikan pada dinding, plafon dan partisi, ruang akan terasa tenang. Penghuni rumah dijamin akan menjadi lebih nyaman saat bekerja maupun sedang beristirahat.

Satu hal lagi, gypsum merupakan bahan bangunan yang bersifat ramah lingkungan. Apabila sudah tidak dipakai lagi bisa langsung dibuang karena dapat menyatu dan melebur dalam tanah. Terakhir, karena gypsum tahan terhadap hawa panas, maka penggunaan AC (pendingin ruang) bisa dihemat. Hal ini tentu saja akan berdampak pada pengurangan anggaran untuk membayar rekening listrik.