Detail Info

Kenapa Memilih Jendela Berbahan Kaca Nako? Ini Jawabannya


Beberapa puluh tahun lalu, penggunaan jendela kaca nako sempat mengalami puncak kepopuleran tetapi saat ini mulai jarang yang memakainya. Padahal gaya desain jendela bisa divariasi ke dalam bentuk yang lebih modern dan mampu menghadirkan kesan indah dalam ruangan. Selain itu yang lebih penting lagi adalah hemat tempat.

Kisah masa lalu

Penggunaan jendela model nako mulai dikenal oleh masyarakat luas sejak era pertengahan. Pada masa tersebut, jendela ini sering dipasang pada ruang dapur. Tujuannya adalah untuk menciptakan sistem sirkulasi udara agar asap dari api untuk memasak bisa keluar dari ruang. Namun ketika itu, bahan pembuatannya masih menggunakan dari kayu bukan kaca.

Dalam perkembangannya, banyak yang membuat jendela nako dari bahan kaca. Bahkan ada yang melengkapinya dengan penarik atau tuas sehingga jendela tersebut lebih mudah dibuka dan ditutup kembali. Kemudian seiring dengan kemajuan zaman, tuas yang sebelumnya berbentuk sederhana menjadi lebih modern dan sistem pengoperasiannya dilengkapi dengan mesin otomatis.

Kelebihan dan manfaat dari kaca jendela nako

Kelebihan utama dari kaca jendela nako yaitu kemampuannya dalam menciptakan sistem sirkulasi udara dan cahaya secara optimal. Udara dari luar dan cahaya matahari dapat masuk secara leluasa, sehingga penggunaan AC dan lampu listrik bisa diminimalkan.

  1. Pada zaman dulu, kaca jendela nako memang tidak memiliki banyak bentuk dan desain. Tapi untuk saat ini terdapat berbagai jenis variasi pilihan dan bisa disesuaikan dengan konsep penataan ruang. Mulai dari ruang bergaya klasik, etnik, modern hingga minimalis dan sebaganya, semuanya dapat dipasangi dengan jendela kaca nako.
  2. Selain itu jendela ini juga dapat dipasang pada posisi lebih tinggi, dimana penghuni rumah tidak perlu repot dan bingung memikirkan sistem buka tutupnya. Sudah banyak jendela kaca nako yang dilengkapi dengan sistem buka otomatis atau tuas khusus, sehingga tidak perlu naik ke atas ketika ingin membuka atau menutup jendela tersebut.
  3. Kelebihan berikutnya, jendela kaca nako selalu terlihat pantas diletakan di ruang mana saja seperti ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur bahkan hingga kamar mandi dan dapur. Penggunaannya jauh lebih bagus dan praktis dibanding dengan perlengkapan sistem ventilasi udara lainnya.
  4. Bicara tentang penampilan, memang saat ditemukan pertamakali jendela kaca nako hanya terdiri dari satu jenis material kaca saja dan terkesan kaku. Tapi sekarang, terdapat berbagai macam kaca yang bisa dipilih untuk pembuatanny seperti kaca bening atau kaca patri. Khusus untuk kaca patri,  warnanya yang cenderung buram sangat tepat dipakai untuk kamar tidur atau kamar mandi karena bisa menciptakan sistem privacitas maksimal.
  5. Terakhir dibanding jendela biasa, jendela kaca nako lebih mudah dan praktis dibersihkan. Proses pembersihan ini dapat dilakukan dari satu arah saja atau dari dalam dan tidak perlu keluar ruang maupun sebaliknya. Karena itu jika ingin menghadirkan kenyamanan bagi penghuninya, tidak ada salahnya memilih jendela ini sebagai perlengkapan ruang.