Your search results

Cara Terbaik dan Paling Jitu Memilih Tangki Air Atau Yang Juga Sering Disebut Tandon

Posted by admin on January 22, 2022
0

 

Tandon atau tangki air selalu menjadi kebutuhan mendasar yang harus selalu tersedia dalam setiap hunian. Sahabat Perumahan Fajar Group, peralatan ini berfungsi sebagai tempat penampungan air paling aman dan praktis. Misalnya ketika terjadi pemadaman listrik, penghuni rumah tidak akan kebingungan untuk memenuhi kebutuhan air.

Di pasaran terutama toko bahan bangunan selalu tersedia banyak sekali tangki air dan terdiri dari berbagai  jenis dan merk. Agar tidak bingung, ada beberapa cara terbaik dan paling jitu yang dapat dilakukan.

Ukuran

Tandon air itu punya ukuran yang sangat bervariasi, dari 300 liter hingga 30 ribu liter. Sahabat Perumahan Fajar Group bisa menentukan pilihan berdasarkan jumlah anggota keluarga dan seberapa banyak masing-masing membutuhkan air.

Sebagai petunjuk, setiap orang memerlukan sekitar 150 liter air setiap hari. Misalnya dalam satu keluarga terdapat lima anggota, maka kebutuhan tangki airnya adalah yang memiliki daya tampung paling sedikit 750 liter.

Material

Tidak hanya ukuran saja, material yang biasanya digunakan untuk membuat tangki air juga terdiri dari berbagai jenis. Mulai dari fiber, palstik, beton, galvanis atau stainless steel.

Kelebihan tandon fiber terletak di harganya yang sangat murah dan bagian dalamnya terdapat lapisan food grade sehingga airnya aman jika dipakai untuk memasak. Tetapi sayang karena bentuknya yang tipis dan kaku, sangat mudah bocor dan retak.

Kemudian jika sahabat Perumahan Fajar Group menggunakan tangki air dari plastik, kelebihannya adalah ringan dan tidak mudah bocor. Selain itu biasanya dibuat sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI) dan US Food and Drug Administration. Hanya saja mudah berlumut dan bisa tembus oleh sinar matahari.

Sedangkan tandon beton, selain harganya mahal pemasangannya juga cukup sulit dan mudah ditumbuhi oleh lumut. Tapi bicara tentang keawetan, dapat diandalkan bahkan bisa bertahan hingga puluhan tahun karena risiko kebocorannya sangat kecil.

Beda lagi dengan tandon galvanis yang punya kandungan seng, airnya dapat berubah rasa karena pengaruh dari kandungan tersebut. Selain itu risiko karatnya juga sangat tinggi. Sedangkan urusan harga, tergolong murah dan terjangkau.

Tandon stainless steel meruapkan pilihan paling ideal bagi sahabat Perumahan Fajar Group karena sangat aman dan awet. Selain itu cahaya matahari tidak bisa masuk dan anti jamur atau lumut. Kelemahannya hanya terletak pada harganya yang lebih mahal.

Pemasangan

Pemasangan tangki air bisa dilakukan di atas tanah, dalam tanah atau menyatu dengan struktur atap. Selain itu dapat pula menggunakan menara. Jika memilih menara, harus menghitung kekuatan strukturnya saat menahan beban. Tangki air ukuran seribu liter membutuhkan menara yang sanggup menahan beban hingga 1 ton.

Karena itu apabila sahabat Perumahan Fajar Group mau menghemat biaya pembuatan dan daya listrik, ketinggiannya jangan lebih dari enam meter. Empat meter mencukupi karena sudah dapat memunculkan tekanan besar untuk mencuci mobil atau menyiram tanaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Compare Listings