Detail Info

Panduan Praktis Menerapkan Konsep Hitam Putih Untuk Interior


Salah satu konsep kombinasi warna yang tingkat kepopulerannya tidak pernah lekang oleh zaman adalah hitam putih. Paduan yang juga sering dinamakan gaya monokrom ini dapat diaplikasikan pada berbagai jenis ruang. Tapi meski terlihat mudah, paduan dua warna netral ini tetap butuh beberapa panduan khusus dalam penerapannya.

Menyesuaikan ukuran interior

Baik yang memiliki ukuran besar atau sempit, setiap interior bisa dikasih warna hitam putih. Tetapi jika ruang tersebut hanya kecil saja, gunakan putih sebagai dominan agar bisa menghadirkan kesan lebih luas. Hitam sebaiknya hanya diterapkan pada dekorasi yang ukurannya tidak terlalu besar namun tetap boleh dijadikan focal point.

Pencahayaan yang mencukupi

Dinding yang diberi warna hitam akan membuat tampilannya terlihat suram. Bahkan suasana ruang menjadi semakin terasa gelap. Meski demikian tidak ada salahnya pula memilih warna ini untuk disapukan pada sebagian elemen dinding, jangan semuanya.

Selain itu harus dipastikan lebih dulu, ruang yang dindingnya akan diberi warna hitam tersebut bisa mendapat pancaran sinar lampu yang mencukupi. Termasuk juga siang hari yang sumbernya berasal dari cahaya alami matahari. Lalu khusus. lampu listrik, pilih yang cahayanya kekuningan jika ingin memunculkan kesan dramatis dan eksotis.

Menggunakan tekstur

Konsep hitam putih akan terlihat lebih dinamis dan tidak membosankan ketika ruang diberi kelengkapan lain berupa tekstur misalnya batu bata ekspos. Jika tidak suka batu bata ekspos, pakai cat yang memiliki tekstur. Selain itu tekstur juga bisa diaplikasikan melalui semen dinding. Minta bantuan pada tukang untuk membuat tekstur tersebut di media ini.

Selain itu, tekstur juga dapat pula dimunculkan melalui elemen yang lain yaitu karpet yang bulunya panjang. Bahkan keberadaannya dapat merubah suasana ruang menjadi lebih mewah dan elegan, apalagi jika diletakan di tengah ruang dan dijadikan sebagai focal point.

Menambah akses warna lain

Konsep monokrom atau kombinasi hitam putih tidak harus selalu memakai dua jenis warna saja. Bisa saja diberi tambahan lain, tetapi sifatnya hanya sebagai pemanis saja. Selain itu warna ini tidak boleh dijadikan warna dominan agar tidak mengurangi nilai konsep utama yang diterapkan.

Misalnya vas bunga warna merah atau biru dan sebagainya. Apabila pemilihan warna dan peletakannya dilakukan secara tepat, kehadirannya pasti tidak akan menimbulkan gangguan pandangan mata. Justru sebaliknya, konsep monokrom yang dihasilkan bisa terlihat lebih indah dan cantik.

Artwork

Hiasan pajangan atau artwork merupakan elemen yang tidak boleh dilewatkan begitu saja dalam konsep monokrom. Kehadirannya akan membuat inteior terasa lebih hidup dan dinamis. Artwork ini bentuknya bermacam-macam seperti lukisan abstrak, tulisan atau tipografi dan sebagainya. Semua bisa disesuaikan menurut selera dan keinginan.

Itulah beberapa panduan penting menerapkan konsep kombinasi hitam putih di ruang interior. Semoga bisa diaplikasikan dan membuat semua penghuni rumah jadi senang, puas dan nyaman.