Detail Info

Apa Itu Gournet Kitchen?, dan Bagaimana Cara Membuatnya?


Dibanding dengan dapur biasa, sebenarnya konsep pembuatan gournet kitchen tidak jauh berbeda. Tetapi ukuran ruangnya lebih luas dan konsep desainnya dibuat secara khusus. Selain itu karena biasanya digunakan oleh tukang masak dan koki profesional, gournet kitchen lebih sering dibuat di rumah makan atau hotel.

Meski demikian tidak ada salahnya konsep ini diterapkan di rumah hunian. Tapi tentu saja, ada beberapa hal penting yang harus direncanakan sematang mungkin agar tidak ada kesalahan dalam pembuatannya.

Tata ruang dan layout

Gournet kitchen bisa dibuat dalam ruang tertutup dan disatukan dengan ruang lainnya terutama ruang makan. Namun apabila menginginkan ruang ini dapat terekspos secara maksimal, sebaiknya menyiapkan ruang lebih besar dengan lebar minimal 3,5 meter.

Menentukan warna dan bahan kabinet

Ada dua macam kabinet di gournet kitchen. Masing-masing adalah kabinet bawah dan atas. Warnanya boleh sama, tetapi juga boleh berbeda. Hanya saja perlu diperhatikan, pemilihan warna tersebut harus sesuai dengan konsep penataan ruang.

Pada umumnya kabinet dapur sering disapu warna polos atau warna alami. Sedangkan bahannya, menggunakan material kayu dan particle board. Tapi untuk gournet kitchen sebaiknya memakai stainless steel agar lebih mudah dibersihkan.

Memadukan dengan ambalan

Karena memiliki ukuran yang cukup lapang, kabinet di gournet kichen bisa dipadukan dengan ambalan. Fungsi dari ambalan ini antara lain adalah untuk menaruh peralatan dan barang-barang dekorasi yang akan diekspos. Misalnya toples bumbu dapur, piring makan beserta sendok garpu dan pajangan lainnya.

Meja island

Sebagaimana yang sudah dijelaskan, gournet kithcen harus memiliki ruang yang luas. Terutama di area yang dipakai untuk membuat masakan. Selain itu harus dilengkapi pula dengan meja island.

Fungsinya antara lain sebagai tempat tambahan untuk menyimpan perabot memasak sekaligus menikmati hasil masakan. Karena itu tidak jarang ada yang menambahinya dengan kursi bar yang diletakan tepat di depan meja.

Countertop

Counter top adalah meja yang diletakan di kabinet bawah bagian atas dan berfungsi sebagai tempat memasak. Material untuk membuatnya harus dipilih yang mempunyai sifat tahan air dan goresan sekaligus mudah dibersihkan. Misalnya marmer, granit dan solid surface dengan finishing stainless steel.

Cooker hood dan cutlery tray

Cooker hood harus selalu ada di gournet kitchen agar tidak muncul bau saat memasak dan diletakan secara menempel di dinding atau plafon. Posisinya harus sejajar dengan kompor atau diatasnya.

Selain itu cutlery tray juga sangat dibutuhkan. Bentuknya berupa beberapa sekat yang diletakan pada kabinet drawer. Fungsinya, agar semua perabot terlihat rapi dan bersih baik dilihat dari luar atau dari dalam.

Kemudian yang terakhir, selalu gunakan peralatan yang dibuat dengan konsep built in. Sehingga semua peralatan tersebut dapat menyatu dan saling terintegrasi saat dipakai. Mulai kompor, microwave, cooker hoad, diswasher dan lainnya, pilih yang tipe dan desainnya sama agar gournet kithen semakin bertambah nyaman untuk memasak.